Sabtu, 24 November 2012

Laporan Pertandingan: Thailand 2-1 Filipina


OLEH DEWI AGRENIAWATI

Tuan rumah Thailand berhasil memetik poin sempurna di laga pembuka penyisihan Grup A AFF Suzuki Cup kontra Filipina di Rajamangala Stadium, Sabtu (24/11).

Gol Jakkapan Pornsai di menit 39 dan Anucha Kitpongsri yang menggandakan kedudukan empat menit jelang turun minum hanya mampu dibalas Paul Murders untuk memperkecil ketinggalan di menit ke-77. Hasilnya, skuat Winfried Schafer mempertahankan skor 2-1 hingga laga usai.

Babak pertama

Filipina langsung menekan sejak awal pertandingan. Penyerang Phil Younghusband mendapat umpan terobosan dari lini tengah, beruntung kiper Sinthaweechai dengan cepat mengantisipasi serangan.

Tidak lama kemudian, tim tamu kembali memberikan tekanan. Sebuah umpan terukur dilepaskan Datsakorn Thonglao kepada Teerasil Dangda, namun penyelesaian akhir belum membuahkan hasil.

Hingga pertengahan babak pertama, tidak ada peluang berarti antara kedua tim. Baik Thailand dan Filipina tampak masih berhati-hati untuk keluar menyerang. Sementara itu, Phil Younghusband sempat mendapat perawatan di pinggir lapangan setelah berduel dengan pemain Thailand di kotak penalti.

Tuan rumah baru mendapat peluang emas di menit ke-25 melalui Datsakorn Thonglao. Berawal dari aksi Anucha Kitpongsri yang menyisir sisi kanan pertahanan Filipina. Anucha kemudian melepaskan si kulit bundar ke area penalti lawan dan disambut Thonglao yang tanpa pengawalan ketat. Sayang, tembakannya masih membentur pemain Filipina sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Setelah berkali-kali menekan kedisiplinan barisan belakang The Azkals, Thailand akhirnya mengubah kedudukan tepat di menit ke-39. Akselerasi Bunmathan di sisi kiri pertahanan tak mampu dihentikan pemain lawan sehingga dengan mudah dia memberikan umpan yang langsung disambar Jakkapan Pornsai yang langsung melesakkan si kulit bundar ke gawang Sacapano.

Hanya berselang dua menit, tuan rumah berhasil menggandakan kedudukan. Kali ini giliran aksi Anucha Kitpongsri di kotak penalti berhasil melewati bek The Azkals dan kemudian menaklukkan Sacapano untuk kedua kali.
Thailand kian mendominasi laga hingga memasuki injury time, namun keunggulan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua
 
Keunggulan di babak pertama membuat Thailand mengawali interval kedua dengan penuh kepercayaan diri. Baru tiga menit restart, tim besutan Winfried Schafer sudah menekan The Azkals lewat tendangan bebas Datsakorn Thonglao, tapi masih dihalau James Younghusband.

Di menit ke-56, Kitpongsri hampir saja mencetak gol keduanya di laga ini setelah menerima umpan tepat di depan gawang Sacapano. Tapi, sang kiper masih mampu memblok sepakan Kitpongsri.

Thailand harus kehilangan Thonglao akibat cedera, kemudian memasukkan Sumanya Purisay. Baru beberapa menit di lapangan, Purisay berhasil unjuk gigi. Pemain ini sukses menerobos barisan belakang Filipina dan berhadapan langsung dengan Sacapano, namun tendangannya masih menyamping di sisi gawang.

Filipina berhasil memperkecil kedudukan di menit ke-77 berawal dari aksi Patrick Reichelt yang menyisir sisi kiri pertahanan Thailand. Reichelt mengirim umpan mendatar ke kotak penalti kemudian langsung disambar Paul Murders untuk mengubah skor menjadi 2-1. Ini merupakan gol pertama pemain yang membela ADO Den Haag tersebut untuk Filipina dalam 15 caps sejak tahun 2011. 

Keluarnya Thonglao dimanfaatkan betul oleh Filipina yang mulai bisa mengimbangi tuan rumah. Beberapa kali tim besutan Michael Weiss ini melakukan serangan berbahaya.

Sempat terjadi insiden pengusiran Michael Weiss yang melempar Kitpongsri dengan bola karena menganggap pemain yang bersangkutan mengulur waktu.

Meski berjuang keras mencari gol penyeimbang, skor 2-1 tetap bertahan hingga laga berakhir.

Susunan pemain
Thailand: Thamsatchanan, Wongsa , T. Bunmathan, Jantakam, Kitpongsri, Buntao, Thonglao, Lahsoh, Pornsai, Choeichiu, Dangda

Filipina: Sacapano, Jonsson, Gier, J. Guirado, Cagara, Caligdong, Lucena, Mulders, J. Y'husband, A. Guirado, P.Y'husband

Ikuti perkembangan terkini AFF Suzuki Cup 2012 di GOAL.com Indonesia. Dapatkan semua berita Piala AFF serta informasi terbaru timnas termasuk jadwal, hasil, dan klasemen, dan ikuti perkembangan timnas Indonesia secara LIVE.

24 Nov, 2012


-
Source: http://www.goal.com/id-ID/news/2837/piala-aff/2012/11/24/3552388/laporan-pertandingan-thailand-2-1-filipina
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons