Sabtu, 24 November 2012

SPESIAL Piala AFF Suzuki Cup 2012: Thailand Diunggulkan, Filipina Bisa Mengejutkan

Beberapa saat lagi, kompetisi sepakbola terbesar di kawasan Asia Tenggara akan segera bergulir dengan Vietnam akan meladeni Myanmar di Bangkok. Pengamat sepakbola GOAL.com pun memberikan pandangan mereka mengenai apa yang terjadi nanti, juga sepanjang turnamen berlangsung.

Bagaimana situasi di Bangkok dan Kuala Lumpur sejauh ini?

Joe Patit (Goal.com Thailand): Kami siap menjadi tuan rumah komptisi internasional untuk sekali lagi. Stadion nasional Rajamangala akan dipenuhi fans dan seluruh negara akan bangkit setelah kemenangan Thailand atas Filipina.

Peter Lozano (Philippines Expert): Bangkok cukup cerah. Ketika saya datang ke sini, lebih banyak orang yang membicarakan ditunjuknya Rafa Benitez sebagai manajer Chelsea, menggantikan Roberto Di Matteo. Saya memprediksi semua akan berubah akhir minggu ini.

Erick Bui (Goal.com Vietnam): Bangkok sangat indah di malam hari!

Falah Abdullah (Goal.com Malaysia): Bukit Jalil masih menjalani proses perbaikan, tapi kualitas lapangan sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Saya sungguh berharap fans Malaysia memenuhi stadion dan mendukung timnas mereka.

Donny Afroni (Goal.com Indonesia): Ketika saya tiba di Kuala Lumpur, tak ada poster atau spanduk yang mengindikasikan Malaysia adalah salah satu tuan rumah Piala AFF. Di stadion, saya juga melihat sejumlah pekerja membetulkan sejumlah sisi stadion. Bahkan pemilik apartemen yang saya tempati juga tak menyadari ada Piala AFF di negaranya. Dia mengira kami datang ke sini untuk liputan balapan.

Khamsaveng Inthavong (Laos Expert): Cuaca di Kuala Lumpur cukup bagus. Saya pikir semua tim akan bisa beradaptasi dengan baik.

Menurut Anda, bagaimana kans tim Anda di turnamen ini?

Bhas Kunju (Goal.com Singapore): Bakal berat. Semua tim yang mengikuti turnamen ini kelihatannya sangat kuat, tapi juga kadang kehilangan performanya, terkecuali Filipina. Kemenangan 4-0 atas Pakistan bagi Singapura harusnya bisa meningkatkan semangat pemain, dan menjadi momentum untuk lolos ke semi-final.

Joe: Meski Thailand tidak berada di performa terbaiknya, saya meyakini kami bisa sampai ke final. Kami akan bermain di depan pendukung kami sendiri dan pemain kami lapar kemenangan setelah menjalani sepuluh tahun penuh kekecewaan.

Falah: Mudah memahami mengapa banyak orang mencoret Malaysia dari bursa juara, tapi bagi saya, saya meyakini dengan keinginan Rajagopal untuk kembali bekerja keras dan membawa timnya menjadi juara lagi. Jangan lupa, Malaysia kalah dari Maladewa jelang SEA Games 2009 dan Selangor di Piala AFF 2010, tapi pada akhirnya bisa menjadi juara di bawah Rajagopal.

Khamsaveng: Minimnya pertandingan uji coba di level internasional akan menjadi kerugian bagi skuat muda Laos, yang juga minim pengalaman. Tiga pertandingan terakhir mereka berakhir dengan hasil mengecewakan, dengan tiga kekalahan melawan Vietnam, tim Universitas Korea Selatan dan Turkmenistan.

Erick: Tentunya saya berharap Vietnam bisa memenangi turnamen. Untuk bisa melakukannya, kami harus bisa melewati babak grup. Akan sulit karena tiga tim lain juga kuat. Saya yakin bila Vietnam bisa menjaga kepercayaan diri dan menghindari masalah cedera, timnas kami akan mendapatkan hasil yang bagus di turnamen ini.

Donny: Tidak mudah memprediksi Grup B. Ada tiga tim besar yang memiliki hasil mengecewakan di laga uji coba mereka. Terlepas dari hasil buruk tersebut, Indonesia masih punya kesempatan lolos ke semi-final.

Siapa yang akan menjadi kejutan terbesar di turnamen ini?

Bhas: Filipina. Tak diragukan lagi. Mereka memang kehilangan sejumlah pemain kunci mereka, tapi mereka terus berkembang. Pada 2010, mereka menembus semi-final untuk kali pertama dan mereka sekarang berada di grup yang relatif mudah, jadi kemungkinan besar mereka akan mengulang prestasi musim lalu.

Falah: Vietnam. Mereka cepat dan pandai dalam memainkan sepakbola dengan umpan pendek yang atraktif. Level fisik mereka juga bagus, dan hal ini karena kontribusi mantan bek Leeds Dylan Kerr. Le Cong Vinh akan menjadi andalan.

Donny: Filipina. Skuat Michal Weiss menunjukkan hasil menjanjikan di laga uji coba, termasuk dua kemenangan atas Singapura. Meski tanpa Neil Etherifge, mereka masih berpeluang meraih sukses dua tahun lalu dengan mencapai semi-final.

Joe: Vietnam. Mereka akan menaklukkan para raksasa dan mencapai final.

Khamsaveng: Filipina atau Myanmar. Azkals memiliki kesempatan terbesar memperbaiki performa mereka jika dibandingkan tahun 2010, sementara Myanmar memiliki pemain berbakat seperti Kyi Lin dan David Htan. Saya yakin mereka bisa membuat kejutan di Grup A.

Peter: Apakah saya boleh menyebut Filipina lagi? Kami banyak belajar dari 2010. Hasilnya mungkin kurang lebih sama, tapi Azkals memiliki segalanya untuk membuat kejutan di turnamen. Saya juga berpikir Myanmar memiliki potensi membuat kejutan di turnamen ini, karena sebelumnya mereka lolos kualifikasi dengan hasil mengesankan.

Erick: Saya setuju. Filipina bisa menjadi kejutan tersendiri. Mereka pastinya bisa merepotkan tim lain, meski saya berharap Vietnam tak banyak direpotkan.

Sebaliknya, siapa yang akan tampil mengecewakan?

Peter: Indonesia. Ada masalah di internal mereka. Indonesia bahkan memiliki dua tim nasional. Bagaimana itu mungkin?

Erick:  Saya menilai Singapura akan memiliki masa sulit, karena mereka masih mengandlkan Duric, pemain berusia 42 tahun untuk mencetak gol.

Donny: Malaysia tak sepenuhnya setangguh 2010, dan mereka kehilangan dukungan. Fans juga kecewa dengan penampilan mereka belakangan ini dan hal ini bisa menjadi akhir dari era Rajagopal.

Khamsaveng: Indonesia. Dengan semua masalah yang mereka miliki, skuat Merah Putih akan bertanding dengan skuat yang jauh lebih lemah dibanding skuat tahun 2010.

Falah: Saya juga menilai Singapura. Saya rasa mereka terlalu banyak berharap pada striker veteran mereka dan banyaknya tekanan di sekitar skuat tak membantu sama sekali.

Joe: Malaysia dan Singapura tak sebahaya tahun-tahun sebelumnya dan ekspektasi mereka terlalu tinggi.

Bhas: Saya ingin mengatakan singapura, tapi saya juga memikirkan Malaysia. Bermain di depan pendukung sendiri bisa menjadi tekanan tersendiri. Ekspektasinya juga terlalu tinggi. Performa mereka juga tak meyakinkan dan tim juga tak banyak beradaptasi satu sama lain.

Yang terakhir, siapa yang akan memenangi turnamen ini, dan mengapa memilih mereka?

Peter: Filipina! Tapi realistis hal itu sulit terjadi. Saya pikir pemenang dari turnamen ini datang dari Grup A, karena tim tangguh berkumpul di sana. Jadi, jika bukan Filipina, Thailand dan Vietnam favorit saya.

Erick: Saya memilih Thailand. Meski persiapannya tak terlalu baik, Thailand memiliki pemain berkualitas yang bisa membuat perbedaan. Tuan rumah grup A juga favorit mencapai semi-final. Jika bisa lolos dari fase grup, mereka bisa mengalahkan siapa saja.

Bhas: Saya memilih Thailand untuk membuat kejutan. Sudah sepuluh tahun sejak mereka memenangi turnamen ini dan dengan bertindak sebagai tuan rumah mungkin bisa menjadi alasan yang tepat meraih gelar juara.

Donny: Thailand. Hasil uji coba terakhir cukup meyakinkan bagi Thailand untuk menghapus kenangan terburuk dalam sejarah mereka di tahun 2010, di mana mereka gagal meraih satupun kemenangan.

Khamsaveng: Bukannya tak merendahkan juara bertahan Malaysia, tapi saya menilai Thailand sebagai tuan rumah bersama memiliki kans lebih besar untuk juara. Selain Thailand, Vietnam menjadi pilihan kedua saya karena mereka cukup melakukan persiapan.

Falah: Final akan berlangsung sengit antara Thailand dan Malaysia. Thailand menjadi favorit utama dengan Teerasil Dangda dan rekan-rekannya bisa membuat banyak masalah, dan Malaysia harus memberikan kemampuan terbaik mereka jika ingin mempertahankan gelar.

Joe: Thailand atau Vietnam. Thailand memiliki keuntungan bermain di kandang sendiri, tapi Vietnam menjadi komptitor paling berbahaya di turnamen dan mereka memainkan gaya bermain yang agresif, yang menyulitkan Thailand.

Ikuti perkembangan terkini AFF Suzuki Cup 2012 di GOAL.com Indonesia. Dapatkan semua berita Piala AFF serta informasi terbaru timnas termasuk jadwal, hasil, dan klasemen, dan ikuti perkembangan timnas Indonesia secara LIVE.

24 Nov, 2012


-
Source: http://www.goal.com/id-ID/news/2837/piala-aff/2012/11/24/3552193/spesial-piala-aff-suzuki-cup-2012-thailand-diunggulkan
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons