Selasa, 27 November 2012

REVIEW Liga-Liga Eropa Lainnya: 23-27 November 2012


OLEH  DEFANIE ARIANTI     Ikuti di twitter
Aksi Felipe Melo di Super Lig Turki pekan lalu menuai pujian. Betapa tidak, gelandang Brasil yang sempat beberapa kali masuk daftar Pemain Terburuk Serie A Italia tampil impresif untuk menyelamatkan pemuncak klasemen Galatasaray.

Galatasaray sudah mengungguli Elazığspor ketika kiper Fernando Muslera menjatuhkan pemain lawan dan diusir wasit pada menit 89. Keadaan menjadi lebih buruk karena wasit memberikan penalti kepada tim tuan rumah, padahal Galatasaray telah menghabiskan kuota pergantian pemain. Melo pun maju untuk menggantikan peran Muslera di bawah mistar. Secara mengejutkan, Melo sukses menepis bola tendangan Goksu Turkdogan sekaligus menyelamatkan tiga angka timnya.

Di tempat lain, pelatih Spartak Moskwa Unai Emery bergabung dengan sejumlah pelatih di liga-liga lain yang dipecat karena dianggap gagal menangani tim. Emery dipecat menyusul kekalahan telak dari Dynamo Moskwa akhir pekan lalu.

Sementara, arsitek Celtic Neil Lennon justru mengancam mundur setelah terlibat pertengkaran dengan seorang penggemar yang merasa kecewa menyusul kekalahan tim dari Inverness CT. Meski demikian, Celtic toh masih bertahan di puncak klasemen, meski hanya terpaut satu angka dengan Aberdeen yang berada di peringkat dua.

Inilah rangkuman gelaran liga-liga Eropa pekan lalu selengkapnya:


Setelah libur akhir pekan lalu, Primeira Liga Portugal kembali bergulir. Meski demikian, peringkat tiga besar klasemen belum berubah, di mana FC Porto dan Benfica terus bersaing ketat. Sporting Braga masih bertahan di posisi tiga kendati takluk 2-0 dari Porto, di mana duo James Rodriguez dan Jackson Martinez menceploskan gol kemenangan di penghujung laga. Namun, posisi Braga kini terancam oleh Rio Ave yang menuai kemenangan 5-3 atas Vitoria Setubal dan mengoleksi nilai sama seperti Braga, yakni 17.
TIGA BESAR P M S K SG Poin
Porto 10 8 2 0 20 26
Benfica 10 8 2 0 19 26
Sporting Braga 10 5 2 3 6 17
Primeira Liga Portugal
Klasemen Selengkapnya Primeira Liga Portugal
Jadwal & Hasil Primeira Liga Portugal


Galatasaray
secara dramatis merengkuh tiga angka berkat kemenangan 1-0 atas Elazığspor. Tertinggal satu gol sejak awal babak kedua, Elazığspor berpeluang menyamakan kedudukan di menit-menit terakhir setelah mendapat hadiah penalti akibat pelanggaran kiper Fernando Muslera, yang berujung kartu merah. Felipe Melo akhirnya menggantikan peran Muslera dan secara menakjubkan menggagalkan penalti tuan rumah. Sementara itu, Fenerbahce melesat ke posisi dua usai menang telak 4-1 atas Gençlerbirliği. Sedangkan Antalyaspor turun ke peringkat tiga setelah ditahan 1-1 oleh Bursaspor.
TIGA BESAR P M S K SG Poin
Galatasaray 13 7 4 2 11 25
Fenerbahce 13 6 5 2 8 23
Antalyaspor 13 7 2 4 5 23
Süper Lig Turki
Klasemen Selengkapnya Süper Lig Turki
Jadwal & Hasil Süper Lig Turki



Pemuncak klasemen Liga Primer Rusia CSKA Moskwa hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Zenit St Petersburg untuk mempertahankan posisi tiga besar. Sedangkan Anzhi Makhachkala memetik kemenangan tipis 2-1 atas Amkar Perm'. Sementara itu, klub Moskwa lainnya, Spartak, sepakat mengakhiri kontrak sang pelatih, Unai Emery, setelah menambah panjang hasil mengecewakan musim ini dengan kekalahan telak 5-1 dari tamunya Dynamo Moskwa.
TIGA BESAR P M S K SG Poin
CSKA Moskwa 17 13 1 3 17 40
Anzhi Makhachkala 17 11 4 2 14 37
Zenit St Petersburg 17 10 4 3 14 34
Liga Primer Rusia
Klasemen Selengkapnya Liga Primer Rusia
Jadwal & Hasil Liga Primer Rusia



Takluk 1-0 dari Inverness CT di hadapan pendukung sendiri, arsitek Celtic Neil Lennon dikabarkan beradu mulut dengan seorang fan hingga mengancam akan mundur dari klub. Kekecewaan fan itu memang terbilang wajar, mengingat posisi Celtic di puncak klasemen kini semakin terancam oleh Aberdeen yang menuai kemenangan tipis 1-0 atas Hibernian sehingga berhak meelesat ke peringkat runner-up.
TIGA BESAR P M S K SG Poin
Celtic 14 7 4 3 13 25
Aberdeen 15 6 6 3 14 24
Hibernian 15 7 3 5 21 24
Liga Primer Skotlandia


Olympiakos Piraeus gagal memetik tiga angka kala bertandang ke markas PAOK. Unggul lebih dulu lewat gol Rafik Djebbour, Olympiakos akhirnya hanya mampu membawa pulang satu angka setelah Stefanos Athanasiadis berhasil menyamakan kedudukan di penghujung laga. Peringkat tiga berhasil direbut Asteras Tripolis yang memetik kemenangan 2-1 atas Panionios, yang notabene mengisi posisi tersebut sebelumnya.
TIGA BESAR P M S K SG Poin
Olympiakos 12 10 2 0 23 32
PAOK 12 7 3 2 9 24
Asteras Tripolis 12 7 2 3 11 23
Liga Super Yunani
Klasemen Selengkapnya Liga Super Yunani
Jadwal & Hasil Liga Super Yunani


Setelah menelan kekalahan perdana pekan lalu, Shakhtar Donetsk 'mengamuk' dengan membantai tim papan bawah Hoverla 5-1 dan kembali menambah jarak dengan Dnipro Dnipropetrovsk yang berada di peringkat dua. Dnipro sendiri memetik kemenangan telak 3-0 atas Metalurh Donetsk. Sementara, peringkat tiga Dynamo Kyiv menghajar Arsenal Kyiv, yang notabene mengejutkan Shakhtar pekan lalu, dengan empat gol tanpa balas.Puncak klasemen Liga Jupiler Pro Belgia masih dikuasai Anderlecht yang menang telak 4-1 atas Beerschot, meski sempat tertinggal di awal laga. Zulte-Waregem pun bertahan di posisi runner-up berkat kemenangan tipis 1-0 kala bertandang ke markas Gent. Sedangkan Lokeren melesat ke peringkat tiga usai memetik kemenangan 2-1 atas tuan rumah Raec Mons.

Tiga posisi teratas Liga Super Swiss masih dikuasai Grasshopper, St Gallen serta FC Sion kendati ketiganya gagal memetik tiga poin penuh akhir pekan lalu. Pemuncak klasemen Grasshopper hanya mampu bermain 1-1 dengan FC Sion. Alhasil, posisi Grasshopper (34) kini mulai terancam dengan keberadaan St Gallen (33) yang ditahan 1-1 oleh tamunya Luzern.

                            Ikuti perkembangan terkini liga-liga Eropa di GOAL.com Indonesia.
                          Dapatkan jadwal, hasil, dan klasemen dari semua kompetisi di Eropa.

27 Nov, 2012


-
Source: http://www.goal.com/id-ID/news/2277/liga-liga-eropa/2012/11/27/3559092/review-liga-liga-eropa-lainnya-23-27-november-2012
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons