Selasa, 27 November 2012

Nike Match Report: Myanmar 0-4 Thailand


OLEH   TAUFIK BAGUS
Thailand menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke semi-final Piala AFF Suzuki 2012 setelah meraih dua kemenangan di dua laga grup A.

Jika sebelumnya menundukkan Filipina dengan skor 2-1, kemenangan kedua Thailand diraih kala menghadapi Myanmar dengan skor 4-0 di Stadion Rajamangale, Selasa (27/11) malam WIB.

Dengan tambahan tiga angka, Thailand kini mengoleksi enam poin. Namun Thailand belum bisa memastikan menjadi juara Grup A. Untuk bisa melakukannya, Thailand hanya butuh hasil seri di laga terakhir Grup A saat melawan Vietnam.

Di laga ini juga memunculkan nama Teerasil Dangda sebagai topskor sementara Piala AFF Suzuki Cup 2012 dengan empat gol sejauh ini. Tiga gol terakhir dilesakkannya ke gawang Myanmar.

Babak I

Menggunakan jersey biru-biru, Thailand bermain langsung menekan. Kans mencetak gol pertama dibuat Cheoichiu lewat tendangan jarak jauh. Namun bola masih mengarah ke atas tiang gawang Myanmar.

Mengatasi ketatnya pertahanan Myanmar, Thailand memainkan umpan-umpan terobosan. Namun kontrol pemain depan Thailand belum cukup baik sehingga masih bisa digagalkan kiper Myanmar, Si Thu.

Baru di menit 20 upaya Thailand membuathkan hasil. Umpan dari Phichitphong Choeichiu berhasil dimaksimalkan Teerasil Dangda dengan sontekannya.

Myanmar pun langsung berusaha membalas pascakebobolan. Namun barisan belakang Thailand masih mampu membendung gelombang serangan tim lawan.

Memasuki pertengahan pertandingan, tempo permainan tak lagi sekencang sebelumnya. Namun tetap ada sejumlah peluang tercipta. Salah satu di antaranya adalah tendangan jarak jauh Choeichiu, yang masih bisa diblok kiper Myanmar Si Thu.

Sementara Myanmar masih kesulitan mengembangkan permainan mereka. Hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Thailand pun tetap bertahan.

Babak II

Thailand masih mendominasi jalannya pertandingan. Bola sering bergulir dari kaki ke kaki pemain Thailand. Myanmar juga masih setia memainkan strategi serangan balik, yang sejauh ini belum cukup efektif untuk menjebol gawang Thailand, yang dijaga Kawin Thamsatchanan.

Di menit 60, Thailand memperbesar keunggulan mereka. Gol diciptakan oleh Apipoo Sunthornpanavej, yang dua menit sebelumnya masuk menggantikan Sumanya Purisay.

Mendapat umpan silang dari Anucha Kitpongsri, Sunthornpanavej melesakkan bola dengan sundulan keras tanpa bisa dihadang Si Thu.

Sembilan menit berselang, Thailand nyaris unggul 3-0. Sunthornpanavej melepas tendangan keras ke arah gawang, yang masih bisa ditangkap Si Thu.

Myanmar mendapat kesempatan mencetak gol lewat tendangan bebas di menit 76. Namun kiper Thailand Kawin Thamsatchanan masih sigap menangkap bola yang mengarah ke gawang.

Teerasil Dangda akhirnya menyegel kemenangan Thailand dengan dua golnya di sepuluh menit terakhir babak kedua. Gol pertamanya dilesakkan dengan tendangan keras di menit 82, memaksimalkan umpan lambung Theerathon Bunmathan dari tengah lapangan.

Yang kedua juga tak jauh beda. Dengan kontrol sempurna mengontrol bola yang dikirimkan dari sektor belakang, Dangda melepas tendangan dengan kaki kiri untuk mengubah kedudukan menjadi 4-0 di menit 88. Skor tersebut bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain:
Myanmar: Thiha Si Thu, Zaw Min Tun, Yan Aung Kyaw, Khin Maung Lwin, Kyi Lin, Yan Paing, Pyaye Phyo Aung, David Htan, Naing Lon Oo, Aung Hein Kyaw, Aung Hein Kyaw, Aung Moe

Pemain Pengganti: Aung Zaw, Thet Naing, Phyo Ko Ko Thein, Kyaw Zin Phyo (kiper), Mai Aih Naing, Aung Moe, Han Win Aung, Kaung Si Thu, Moe Win

Thailand: Kawin Thamsatchanan, Panupong Wongsa, Theerathon Bunmathan, Chonlatit, Jantakam, Sumanya Purisay, Teerasil Dangda, Anucha Kitpongsari, Adul Lahsoh, Jakkapan Pornsai, Phichitpong Cheoichiu, Piyaphon Buntao

Pemain Pengganti: Sinthaweechai Hathairattanakool (kiper), Niweat Siriwong, Nataporn Phanrit, Kirati Keawsombut, Prayat Bunya, Sompong Soleb, Arthit Sunthornphit, Apipoo Suntornpanavej, Pipob On Mo

Ikuti perkembangan terkini AFF Suzuki Cup 2012 di GOAL.com Indonesia. Dapatkan semua berita Piala AFF serta informasi terbaru timnas termasuk jadwal, hasil, dan klasemen, dan ikuti perkembangan timnas Indonesia secara LIVE.

27 Nov, 2012


-
Source: http://www.goal.com/id-ID/news/2837/piala-aff/2012/11/27/3559823/nike-match-report-myanmar-0-4-thailand
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons