Sabtu, 24 November 2012

DEBAT: Sejauh Mana Indonesia Melangkah Di Piala AFF Suzuki 2012?


OLEH   TAUFIK BAGUS
Piala AFF Suzuki 2012 mulai bergulir sore nanti. Turnamen terbesar se-Asia Tenggara itu akan dibuka dengan duel antara Vietnam kontra Myanmar pada pukul 17.30 WIB.

Lalu bagaimana dengan tim nasional Indonesia? Skuat Merah Putih akan mulai melangsungkan laga mereka pada hari Minggu dengan Laos menjadi lawan mereka.

Adapun Indonesia berada di Grup B. Selain Laos, Indonesia juga harus berhadapan dengan Singapura dan tuan tumah sekaligus juara bertahan Malaysia.

Dengan melihat situasi dan kondisi tim nasional Indonesia saat ini, tak sedikit yang menilai memasang target juara sebagai hal yang terlalu berlebihan dan tak realistis.

Dari komposisi skuat misalnya. Di jajaran kiper, Endra Prasetya dari Persebaya 1927 dan Wahyu Tri Nugroho, dua kiper yang tak memiliki banyak pengalaman bertanding di level internasional.

Di sektor pemain belakang, hanya Wahyu Widjiastanto yang sempat membela tim nasional, itupun tak banyak bermain. Sementara Nopendi, Handi Ramdan, Fakhrudin, Valentino Telaubun, Novan Setya dan Arthur Irawan tak pernah membela Indonesia.

Di sektor tengah terbilang bermaterikan pemain lumayan. Pemain veteran Elie Aiboy akan membimbing pemain yang lebih muda dengan Andik Vermansyah dan Okto Maniani menjadi pemain eksplosif dengan pengalaman yang mereka miliki di level internasional.

Di sektor depan, Bambang Pamungkas bisa diandalkan. Irfan Bachdim bisa menjadi duetnya di lini serang, atau Samsul Arif.

Skuat ini memang bukan skuat terbaik yang dimiliki Indonesia. Tapi hanya skuat inilah yang Indonesia miliki saat ini.

Untuk lawan, Indonesia secara statistik memiliki rekor bagus melawan Laos, Singapura dan Malaysia. Tapi, rekor tersebut dicatat di masa silam dan ketiga lawan Indonesia di Grup B terus berkembang dan memperbaiki diri. Bukan tidak mungkin jika skuat asuhan Nil Maizar tak waspada, tim sekelas Laos-pun, yang secara statistik selalu kalah dari Indonesia minimal dengan tiga gol bersarang ke gawang mereka, bisa mengalahkan Indonesia.

Tapi, bila menggunakan filosofi bahwa bola itu bundar, dan apa saja bisa terjadi, Indonesia boleh berharap adanya keajaiban.

Namun demikian, apakah menjadi hal yang realistis membidik target juara dengan komposisi skuat yang seadanya ini?

Pembaca GOAL.com Indonesia mendapat kesempatan untuk memberikan pendapat dan prediksinya sejauh mana Indonesia bisa melangkah di Piala AFF Suzuki Cup 2012, dengan menulis opini yang ada di bawah ini dan mengikuti poling yang tersedia.

Ikuti perkembangan terkini AFF Suzuki Cup 2012 di GOAL.com Indonesia. Dapatkan semua berita Piala AFF serta informasi terbaru timnas termasuk jadwal, hasil, dan klasemen, dan ikuti perkembangan timnas Indonesia secara LIVE.

24 Nov, 2012


-
Source: http://www.goal.com/id-ID/news/2837/piala-aff/2012/11/24/3552064/debat-sejauh-mana-indonesia-melangkah-di-piala-aff-suzuki
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons