Selasa, 20 November 2012

Chelsea Jarang Sukses Jalani "Italian Job"

Juventus vs Chelsea (REUTERS/Eddie Keogh)
Bala Bola - Chelsea kembali menjalani laga tandang di Italia dengan menghadapi Juventus di lanjutan Grup E Liga Champions. The Blues jarang meraih hasil positif menjalani tugas di Italia atau "Italian Job".

Chelsea hanya mampu meraih satu kemenangan dari 11 pertandingan tandang kompetisi Eropa di Italia. Satu-satunya kemenangan itu didapat saat mengalahkan Lazio 4-0 di Olimpico Roma pada babak grup Liga Champions 2003/2004.

Berikut ini adalah enam pertandingan terakhir Chelsea saat menjalani "Italian Job":

AC Milan 1-1 Chelsea (28 Oktober 1999)
Chelsea sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Oliver Bierhoff. Beruntung The Blues yang kala itu dilatih Gianluca Vialli mampu menyamakan kedudukan lewat gol kapten tim Dennis Wise. Kreator gol Wise adalah pelatih Chelsea saat ini, Roberto Di Matteo. Chelsea ketika itu menjadi juara Grup H sebelum akhirnya kalah dari Barcelona di perempat final.

Lazio 0-4 Chelsea (4 November 2003)
Ini adalah satu-satunya kemenangan Chelsea di tanah Italia. Keempat gol klub asal London Barat tu dibuka oleh Hernan Crespo, disusul Eidur Gudjohnsen, Damien Duff dan Frank Lampard. Lazio harus bermain dengan 10 pemain setelah Sinisa Mihajlovic mendapat kartu merah. Chelsea asuhan Claudio Ranieri ketika itu tumbang di semifinal oleh AS Monaco.

AS Roma 3-1 Chelsea (4 November 2008)
Chelsea tidak mampu berkutik menghadapi Roma. Christian Panucci membuka keunggulan tuan rumah, sebelum Mirko Vucinic mencetak dua gol untuk membawa Roma unggul 3-0. Chelsea hanya mampu memperkecil ketinggalan lewat gol John Terry. Di laga ini gelandang Chelsea, Deco, diusir wasit karena berusaha mengambil tendangan bebas lebih awal. Chelsea sukses melangkah ke semifinal di musim ini, namun kalah dari Barcelona.

Juventus 2-2 Chelsea (10 Maret 2009)
Di musim yang sama, Chelsea sukses menyingkirkan Juventus di babak 16 besar. Di leg pertama Chelsea menang 1-0. Di leg kedua, The Blues dua kali tertinggal. Gol Vincenzo Iaquinta berhasil disamakan Michael Essien. Meski Juventus bermain dengan 10 pemain setelah Giorgio Chiellini diusir wasit, tuan rumah kembali unggul lewat penalti Alessandro Del Piero. Chelsea akhirnya menyamakan kedudukan lewat gol Didier Drogba.

Inter Milan 2-1 Chelsea (24 Februari 2010)
Chelsea bertemu mantan pelatihnya, Jose Mourinho, di babak 16 besar. Leg pertama di Giuseppe Meazza, Inter unggul lewat gol cepat Diego Milito. Chelsea sukses menyamakan kedudukan lewat Salomon Kalou. Gol Esteban Cambiasso menit ke-55 akhirnya memastikan kemenangan Inter. Di leg kedua, Chelsea kembali tumbang lewat gol tunggal Samuel Eto'o.

Napoli 3-1 Chelsea (21 Februari 2012)
Chelsea unggul lebih dulu lewat gol Juan Mata di pertandingan leg pertama babak 16 besar ini. Namun, Napoli berhasil membalikkan keadaan menjadi 3-1 melalui dua gol Ezequiel Lavezzi dan sebiji gol Edinson Cavani. Di leg kedua, Chelsea menampilkan permainan impresif dan menang 4-1 lewat perpanjang waktu untuk lolos ke babak perempat final. (sj) VIVAbola

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons